• Minggu, 4 Desember 2022

Affiliate Marketing Online, Salah Satu Bisnis Potensial di Era Modern

- Sabtu, 8 Oktober 2022 | 07:59 WIB

Ibarat.ID - Affiliate marketing adalah bentuk bisnis yang menawarkan penghasilan berupa komisi dari brand atau produk yang dipromosikan.

Komisi akan didapat kalau kamu berhasil memasarkan barang atau produk tersebut. Sederhananya, program ini layaknya komisi atau insentif yang diterima sales representative pada sebuah perusahaan.

The merchant, yang dikenal sebagai kreator, penjual, brand, retail, atau vendor, maupun pihak yang menciptakan sebuah produk atau brand. The merchant bisa individu atau perusahaan besar. Misalnya, Xiaomi dengan produk smartphonenya. Atau Luna Maya dengan brand fashion Luna Habit.

Baca Juga: Aplikasi PDF Laptop PC Windows 10 Gratis

The Affiliate atau disebut sebagai publisher yang mampu mempengaruhi publik untuk membeli produknya. Pihak ini juga bisa individu atau perusahaan, influencer, blogger atau perusahaan afiliasi pemasaran.

Bisnis affiliate marketing termasuk usaha yang menjanjikan. Karena penghasilannya dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.
The Consumer alis pembeli atau pelanggan yang membuat sistem affiliate marketing ini berjalan lancar. Karena tanpa penjualan, maka tak akan ada komisi dan juga revenue yang bisa dibagikan.

Cara kerja affiliate marketing

Jenis affiliate marketing yang populer yaitu endorse dan paid promote. Cara kerjanya kamu mereview produk menggunakan beberapa platform yang dimiliki, seperti Youtube, blog, atau Instagram.

Dasar dari afiliasi pemasaran ini adalah dari revenue sharing atau bagi hasil. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, affiliate marketer akan mendapatkan uang dari komisi penjualan.

Artinya, kamu menjual produk dari the merchant melalui promo di berbagai channel yang dimiliki, untuk mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.  Jika kamu punya produk dan ingin meningkatkan penjualan, maka bisa mengajukan komisi ke promotor dari program afiliasi.

Baca Juga: Aplikasi Kunci Jaringan 4G LTE Terbaik

Sedangkan jika kamu tidak punya produk, tapi punya kemampuan untuk menjual produk jadilah promotor di affiliate marketing ini.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan affiliate network dengan mendaftarkan diri ke afiliasi tersebut. Contoh affiliate network untuk pasar di Indonesia ada Accesstrade dan Involve Asia.

Cara kerja affiliate marketing melalui jaringan afiliasi adalah dengan mendaftar di situs tersebut. Di sana, kamu bisa mengakses banyak program afiliasi dari banyak merchant baik itu marketplace hingga IT product.

Selanjutnya, kamu akan mendapat link referral unik yang bisa kamu sebarkan kepada orang-orang lain. Sehingga kalau ada konsumen yang membeli dengan link yang kamu berikan tersebut, merchant bisa tahu dan memberikan komisi kepadamu. Cukup sederhana, bukan?

Keuntungan Bisnis Affiliate

Salah satu ke ungutungan bergabung dalam bisnis ini adalah tidak ada kontrak yang terikat yang mengharuskan anda untuk menjual produk sesuai dengan terget. anda bisa menjual produk tanpa perlu takut porduk tidak terjual.

Kalau melihat cara kerjanya, bisnis ini tampak sangat menggiurkan. Berikut ini keuntungan affiliate marketing adalah sebagai berikut:

Sebagai passive income
Saat ini mencari uang tambahan tak harus kerja siang dan malam. Dengan menjalankan bisnis ini sama saja dengan mendapatkan penghasilan pasif.  

Bahkan, sistemnya pun fleksibel karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Yang penting kamu punya platform, internet, dan juga gadget.

Modal Kecil

Menjadi seorang affiliate kenyataannya butuh modal besar. Bahkan, ada juga yang memulai tanpa modal sama sekali.

Hal terpenting dalam bisnis ini adalah kemampuan dalam memasarkan sebuah produk.

Tidak Terpatok Satu Produk Saja

Di zaman dengan kecanggihan teknologi saat ini, segalanya pun menjadi mudah. Termasuk dalam memasarkan produk atau jasa yang bisa dilakukan secara online.

Bisnis affiliate marketing inipun memudahkan bagi merchant untuk mempromosikan banyak produk. Sedangkan bagi affiliate sendiri, semakin banyak produk yang dipromosikan, maka semakin banyak juga komisi yang akan didapat.

Waktu Yang Fleksibel

Halaman:

Editor: Euis Dahlia

Tags

Terkini

Terpopuler

X