Beberapa Penyebab GPS tidak akurat di Android, ini Solusinya

- Kamis, 15 Desember 2022 | 14:19 WIB
Ilustrasi Penggunaan GPS di Android
Ilustrasi Penggunaan GPS di Android

Ibarat.ID - Pada smartphone Android dengan sistem operasi Android tentu sangat populer karena banyak hal yang bisa dilakukan pada perangkat kecil ini. Ya, smartphone  berbasis Android tentu dianggap sebagai  kebutuhan yang sangat penting.

Perangkat serbaguna ini dapat menggunakan smartphone Android Anda sebagai sarana komunikasi dan hiburan, membawa manfaat besar untuk kehidupan sehari-hari Anda yang dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Baca Juga: 5 Game Multiplayer Smartphone Online Terbaik Bareng Pacar

Selain itu, sebagian besar vendor kini membekali produk smartphone Android dengan berbagai  fitur lengkap. Salah satunya adalah GPS (Global Positioning System). Ya, semua smartphone berbasis Android memiliki fungsi GPS, yaitu sistem navigasi berbasis satelit.

Fitur GPS ini memudahkan pengguna untuk menemukan alamat, tetapi GPS mungkin tidak dapat menentukan lokasi secara akurat. Di bawah ini, kami sajikan ulasannya mengenai beberapa penyebab ketidakakuratan GPS di Android.

Penyebab GPS tidak akurat  di Android

  1. Faktor perangkat keras

 Salah satu  penyebab  GPS tidak akurat adalah karena faktor hardware. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa masalah  sistem GPS sebenarnya bisa jadi disebabkan oleh chipset yang digunakan di perangkat smartphone Anda. Secara umum, smartphone Android entry-level lebih cenderung memiliki masalah akurasi GPS.

  1. Kondisi jaringan buruk

 Penyebab kedua ketidakakuratan GPS pada perangkat Android adalah  kondisi jaringan yang buruk. Ya, jika jaringan dalam kondisi  buruk dan tidak stabil, itu justru akan mempengaruhi posisi koordinat yang salah. Hal ini terjadi karena aplikasi yang menggunakan fitur GPS menggunakan koordinat terakhir yang terlacak oleh GPS saat  jaringan dalam keadaan stabil.

  1. Ada bug di sistem.

Koordinat GPS yang tidak akurat pada perangkat berbasis Android juga bisa disebabkan oleh bug pada sistem operasi Android Anda. Perlu diketahui sebelumnya bahwa sistem operasi lama biasanya memiliki beberapa bug yang menyebabkan berbagai  masalah, seperti kesalahan GPS saat menentukan  koordinat.

Halaman:

Editor: Dadi Supyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Aplikasi Yang Membuat Lelet Android

Senin, 23 Januari 2023 | 20:11 WIB

5 Aplikasi Untuk Merekam Layar PC dan Laptop

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:05 WIB

Cara Internet Gratis di PC dan Laptop Terbaru 2023

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:16 WIB

Kumpulan Game Android Untuk Smartphone RAM 256 MB

Jumat, 13 Januari 2023 | 20:39 WIB

5 Aplikasi Jahil Android Bikin Kaget Orang

Kamis, 29 Desember 2022 | 08:39 WIB

3 Cara Menambah Masa Aktif Indosat IM3 dan Mentari

Selasa, 27 Desember 2022 | 05:50 WIB

Tutorial Mudah Menggunakan Social Spy Whatsapp

Sabtu, 24 Desember 2022 | 23:04 WIB

Banyak Fitur Keren, Ini Link Download WA GB

Kamis, 22 Desember 2022 | 07:50 WIB

Terpopuler

X