Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

- Rabu, 28 Desember 2022 | 16:33 WIB
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Android
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Android

Ibarat.ID – Masing-masing perangkat di buat dengan di sematkanya aplikasi bawaan, hal ini tidak lain karena untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses berbagai hal, seperti gmail, PlayStore dan masih banyak lagi. Nah pada dasarnya aplikasi bawaan tersebut merupakan hak akses pabrik.

Jjadi kita sebagai pengguna tidak bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut terkecuali jika kita sebelumnya pernah melakukan proses root. Nah di ulasan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai cara mengembalikan aplikasi bawaan Android yang hilang.

Baca Juga: 3 Cara Menambah Masa Aktif Indosat IM3 dan Mentari

Penyebab aplikasi bawaan android hilang memang ada beberapa hal terkait seperti hilang karena terhapus, kemudian hilang karena temporary file dan hilang karena crash dengan aplikasi lain. Nah untuk mengatasi permasalahan seperti ini kami punya solusinya. Penasaran? silahkan anda lihat di bawah ini.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android

1. Hilang karena terhapus

Aplikasi bawaan sejatinya memang sulit untuk di hapus, namun setelah anda melakukan proses rooting, maka aplikasi bawaan di hp android anda bisa saja di hapus. Entah itu sengaja atau tidak, maka untuk cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang terhapus tersebut ialah dengan melakukan injek kembali aplikasinya pada /system/app kemudian anda rubah dan ganti permission-nya.

2. Hilang karena Cache/Dalvik Cache/Temporary File

Permasalahan kedua yang menjadi penyebab aplikasi bawaan android hilang ialah temporary file atau dalvik cache. Dalvik Chace adalah suatu temporary file atau data yang terus meningkat atau bertambah pada saat kita membuka dan menggunakan aplikasi android. Nah untuk mengatasi problem tersebut maka kita mesti menghapusnya. Silahkan masuk pada menu Settings setelah itu pilih Apps, kemudian geser kepada All dan anda pilih aplikasi yang mana yang tidak ada atau hilang, kemudian anda buka dan selanjutnya pilih Clear cache atau clear data.

3. Hilang Karena Crash dengan Aplikasi Lain

Untuk penyebab aplikasi bawaan android hilang yang terakhir adalah terkena crash beserta aplikasi lain yang sama tapi tidak serupa, umunya aplikasi- aplikasi ini adalah aplikasi yang memakai akses SuperUser. Cara mengatasinya silahkan cek dulu apakah 2 aplikasi tersebut benar crash maupun tidak sehingga aplikasi bawaan raib atau hilang, bila telah dinyatakan benar crash silahkan hapus satu diantara 2 aplikasi tersebut.

Editor: Euis Dahlia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Aplikasi Yang Membuat Lelet Android

Senin, 23 Januari 2023 | 20:11 WIB

5 Aplikasi Untuk Merekam Layar PC dan Laptop

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:05 WIB

Cara Internet Gratis di PC dan Laptop Terbaru 2023

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:16 WIB

Kumpulan Game Android Untuk Smartphone RAM 256 MB

Jumat, 13 Januari 2023 | 20:39 WIB

5 Aplikasi Jahil Android Bikin Kaget Orang

Kamis, 29 Desember 2022 | 08:39 WIB

3 Cara Menambah Masa Aktif Indosat IM3 dan Mentari

Selasa, 27 Desember 2022 | 05:50 WIB

Tutorial Mudah Menggunakan Social Spy Whatsapp

Sabtu, 24 Desember 2022 | 23:04 WIB

Banyak Fitur Keren, Ini Link Download WA GB

Kamis, 22 Desember 2022 | 07:50 WIB

Terpopuler

X